Sudah Tepatkah Penggunaan Hand Sanitizer Kamu

Share Artikel ini

SAAT ini pandemi Covid-19 mengharuskan setiap orang menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Benda yang dulunya diangap asing, sekarang menjadi benda yang wajib seperti masker dan hand sanitizer. Namun masih ada yang perlu diingat: sudah tepatkah penggunaan Hand Sanitizer kamu?

Begitupun kebiasaan mencuci tangan, adalah perilaku yang mesti diterapkan demi mengurangi risiko terpaparnya virus corona.

Sebab, kuman dari tangan bisa saja berpindah ke anggota tubuh lain. Seperti wajah, mulut, mata, hidung, dan telinga saat menyentuhnya. Sebab itu, kebersihan tangan harus tetap terjaga untuk mengurangi risiko terjangkitnya Covid-19.

Salah satu cara praktis yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan tangan ialah dengan menggunakan hand sanitizer.

Selain praktis digunakan, benda ini bisa dibawa ke mana saja dan bisa disimpan ke dalam saku celana atau baju.

Dengan memastikan selalu membawa cairan pembersih kuman dan bakteri tersebut, kamu dapat mencegah terjadinya kontaminasi virus corona. Sebab, penggunaan hand sanitizer yang salah tidak mampu membunuh kuman. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara benar menggunakan hand sanitizer.

Tuangkan Hand Sanitizer Mencakupi Semua Permukaan Tangan

Meskipun hand sanitizer mengandung alkohol yang dapat mengurangi penyebaran kuman dengan cepat, tapi penggunaannya harus tepat. Karena hand sintizer yang terlalu sedikit tidak cukup untuk mematikan kuman.

Kamu harus memastikan cairan tersebut dituangkan mencakup semua permukaan tangan. Terlalu banyak menuangkan cairan hand sanitizer lebih baik dibandingkan terlalu sedikit.

Setelah pembersih tangan tersebut dituangkan ke telapak tangan, kamu harus memastikan semua bagian celah mendapatkan cairan yang cukup.

Saat melakukannya, paling tidak membutuhkan waktu sekitar 20-30 detik untuk memastikan semua virus dan bakteri menghilang.

Perlu diingat, jangan menggunakan hand sanitizer saat tangan dalam keadaan kotor atau berminyak. Karena cairan ini tidak bisa membersihkan tangan yang kotor.

Kamu harus mencucinya dengan sabun dan air untuk membersihkan tangan yang kotor.

Pastikan Menunggu Hand Sanitizer yang Sudah Digunakan Mengering

Setelah menggunakan cairan hand sanitizer hendaknya harus menunggu tangan kering dari cairan tersebut. Kamu disarankan untuk menunggu selama 20-30 detik agar kering dan benar-benar menghilangkan semua virus dan bakteri pada telapak tangan. Sama halnya mencuci tangan dengan sabun, cairan pembersih berbahan dasar alkohol ini juga butuh waktu untuk melakukan tugasnya.

Simpan Hand Sanitizer di Tempat yang Tepat

Pastikan hand sanitizer yang digunakan selalu disimpan di tempat yang benar. Saat kamu tidak menyimpannya dengan baik, bahkan tidak mungkin jika bakteri atau virus menempel pada lubang tempat keluarnya cairan tersebut. Meskipun begitu, tidak serta-merta jika pembersih tangan tersebut dapat menggantikan peran dari sabun dan air, terutama saat tangan kotor.

Saat menggunakan hand sanitizer dengan benar, hal tersebut dapat menjadi cara yang efektif untuk memperlambat potensi penyebaran virus corona. Nah, Sudah Tepatkah Penggunaan Hand Sanitizer Kamu? Jadi, jangan sampai salah lagi penggunaannya ya!

Meskipun begitu, hal tersebut seharusnya tidak menjadi satu-satunya langkah pencegahan yang dilakukan. Kamu juga harus menggunakan masker saat keluar rumah untuk memastikan jika cairan ludah dari orang lain tidak masuk ke tubuh melaui pernapasan.[cp]


Share Artikel ini
,

2 thoughts on “Sudah Tepatkah Penggunaan Hand Sanitizer Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *