Mengapa Buah Kesemek Ada Bedaknya

Share Artikel ini

Larutan air kapur inilah yang dapat meninggalkan serbuk putih yang menempel pada kulit buah kesemek.

Pernah melihat buah kesemek? atau bahkan pernah mencobanya? Buah yang memiliki ciri khas kulit luar buah diselimuti dengan serbuk putih mirip bedak ini bisa disantap langsung dengan dikupas kulitnya.

Atau dapat juga dikonsumsi dengan diolah menjadi manisan.

Buah kesemek memiliki nama ilmiah Diospyros kaki. Selain kesemek, buah ini juga dikenal dengan sebutan buah kaki, oriental persimmon, japanese persimmon,apel Jawa karena bentuknya yang mirip buah apel & bnyak tumbuh di area pulau Jawa.

Rasa buah kesemek tak kalah istimewa dari apel atau jenis buah lainnya. Buah kesemek sering dijuluki sebagai “buah genit”. Hal ini karena bagian kulit buah kesemek yang ditutupi lapisan berwarna putih mirip seperti bedak.

Terdapat dua tipe buah kesemek, yaitu yang bisa dimakan langsung dalam keadaan segar dan yang tidak bisa dimakan langsung karena rasanya sangat sepat. Rasa sepat pada kesemek disebabkan kandungan tanin yang cukup tinggi.

Pada umumnya kadar tanin akan terus menurun seiring dengan proses pematangan buah. Dengan begitu rasa sepatnya pun berangsur-angsur akan berkurang.

Selain itu, untuk menyiasati rasa sepat tersebut, buah kesemek dapat direndam dalam larutan air kapur selama minimal 24 jam.

Larutan air kapur inilah yang dapat meninggalkan serbuk putih yang menempel pada kulit buah kesemek. Hasilnya, buah kesemek tidak lagi memiliki rasa yang sepat dan justru akan memiliki rasa yang jauh lebih enak.

Kenapa Buah Kesemek Ada Bedaknya

Baca Juga: Manfaat Buah Naga Merah

Nutrisi Pada Buah Kesemek

Setiap 350 gram kesemek terdapat kandungan 127 kalori. Oleh karena itu, kesemek merupakan buah yang cocok menjadi sumber energi. Mengonsumsi buah kesemek dalam porsi yang seimbang akan membuatmu kenyang lebih lama. Sebab, dalam buah kesemek mengandung 19,6% karbohidrat,

terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A, dan kalium.

Tidak hanya itu, buah kesemek juga kaya akan kandungan vitamin C. Dalam 350 gram buah kesemek terdapat 66 miligram vitamin C yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Nah, dengan demikian buah kesemek sangat baik dikonsumsi di masa pandemi seperti saat ini sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga.

Baca Juga: Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan


Share Artikel ini
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *