Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Share Artikel ini

Buah tin sangat istimewa bahkan sampai dijuluki sebagai “buah surga”. Buah yang juga dikenal sebagai buah ara kerap dgunakan sebagai ramuan sehat penambah berat badan dan mempercepat pemulihan setelah sakit. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat buah tin untuk kesehatan.

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh

Di balik manfaat buah tin yang luar biasa, ada sejumlah zat gizi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari gula alami, mineral, vitamin, dan serat.

Kandungan mineral dalam buah tin terdiri dari kalsium, zat besi, fosfor, mangan, natrium, kalium, dan lain-lain. Sedangkan untuk kandungan vitaminnya dilengkapi dengan vitamin A, B1, B2, B6, B9, C, E, K, dan lainnya.

Berikut berbagai manfaat buah tin bagi kesehatan, antara lain:

1. Mencegah dan mengatasi sembelit

Setiap 3 porsi buah tin mengandung 5 gram serat yang baik bagi tubuh. Asupan serat yang tinggi dapat mengoptimalkal kerja usus sehingga mampu mencegah konstipasi atau sembelit.

Serat bekerja dengan cara menambah massa pada feses, sehingga memudahkannya untuk bergerak di dalam usus. Jadi, tidak hanya mencegah sembelit, tetapi buah tin juga dapat mengatasi dan buang air besar tidak teratur.

2. Menurunkan berat badan

Manfaat buah tin yang satu ini juga tidak terlepas dari peran serat. Selain melancarkan BAB, asupan serat dalam buah tin juga dapat membantu menurunkan penyerapan lemak di dalam saluran cerna. Maka tak heran jika buah ini direkomendasikan untuk orang gemuk.

Namun, jumlah kalori yang tinggi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, terutama ketika dikonsumsi dengan susu. Jadi, hindari makan buah tin terlalu banyak kalau tujuannya untuk menurunkan berat badan.

3. Menurunkan dan Menjaga Kadar Kolesterol Normal

Buah tin mengandung pektin yang merupakan serat larut. Ketika serat ini ada di saluran pencernaan, maka ia akan menggumpalkan kolesterol dan membawanya ke sistem pembuangan untuk dikeluarkan dari tubuh.

Baca Juga: Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi

4. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Buah ara kering mengandung fenol, omega-3, dan asam lemak omega-6. Asam lemak ini mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Selain itu, daunnya juga memiliki efek penghambatan pada trigliserida, sehingga jumlah keseluruhannya akan menurun dalam tubuh. Ingat, trigliserida adalah faktor utama lain di balik terjadinya penyakit jantung.

5. Mencegah Hipertensi

Makanan tinggi natrium dan rendah kalium merupakan musuh bebuyutan bagi orang-orang yang mengidap hipertensi (darah tinggi). Namun, hal ini berbeda dengan buah tin.

Buah tin mengandung kadar kalium dan natrium yang rendah, sehingga akan menyehatkan jantung dan pembuluh darah tanpa menyebabkan darah tinggi.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan menjaga kadar trigliserida dan kolesterol, serta menyetabilkan tekanan darah, maka buah tin bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, antioksidan fenolik dalam buah tin mampu menyingkirkan radikal bebas yang bersifat merusak jantung dan pembuluh darah.

7. Mencegah Kanker Kolon

Salah satu faktor risiko terbesar terjadinya kanker usus besar (colon) adalah radikal bebas dan zat karsinogen dalam feses yang tak kunjung dikeluarkan. Kehadiran serat dalam buah tin membantu merangsang pembuangan radikal bebas dan zat-zat penyebab kanker lainnya, khususnya di usus besar, karena serat melancarkan buang air besar.

8. Mencegah Kanker Payudara

Kandungan serat buah tin telah dikenal dapat melindungi tubuh terhadap kanker payudara. Pasalnya, serat dapat membantu pertahanan tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Wanita yang memasuki usia menopause cenderung mengalami ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Hormon-hormon ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, yang pada gilirannya mempengaruhi kemampuan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

9. Mengontrol Diabetes

The American Diabetes Association merekomendasikan buah tin sebagai makanan berserat tinggi yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada penyakit diabetes. Manfaat buah tin yang satu ini diperantarai oleh kandungan potasium dan magnesium, yang membantu mengatur pelepasan insulin sehingga jumlah gula dalam darah dapat dikendalikan.

10. Menguatkan Tulang

Manfaat buah tin yang satu ini dipengaruhi oleh kandungan kalsium, kalium, dan magnesium, yang semuanya membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan serta wanita menopause sangat dianjurkan mengonsumsi buah ini.

Baca Juga: Sarapan Rutin Pengaruhi Bentuk Tubuh Ideal

11. Meredakan Nyeri Tenggorokan

Kandungan lendir yang tinggi pada buah tin membantu menyembuhkan dan melindungi sakit tenggorokan. Sifat buah ara yang menenangkan ini juga dapat menghilangkan rasa sakit dan stres pada pita suara.

12. Mengobati Anemia

Salah satu penyebab anemia tersering adalah kekurangan zat besi. Kabar baiknya, buah ara kering mengandung zat besi tinggi yang merupakan komponen kunci pembentukan hemoglobin (Hb).

Anak-anak yang sedang tumbuh, remaja, wanita menstruasi dan wanita hamil lebih berisiko mengalami anemia defisiensi besi apabila asupan zat besinya kurang. Oleh sebab itu, mereka tentu sangat dianjurkan mengonsumsi buah ini.

13. Meningkatkan Stamina Seksual

Buah tin dianggap sebagai buah kesuburan dan suplemen seksual yang hebat. Bukan tanpa alasan, sebab buah ini kaya akan kalsium, zat besi, kalium, dan seng.

Selain itu, kandungan magnesium serta mineral dalam buah tin juga dibutuhkan untuk menghasilkan hormon seks, yakni androgen dan estrogen.

14. Mencegah Degenerasi Makula

Buah tin dapat membantu mencegah degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang tua. Manfaat ini diperantarai oleh kandungan vitamin A yang tinggi.

Vitamin A adalah antioksidan yang meningkatkan kesehatan mata karena mampu melindungi mata dari radikal bebas dan mencegah kerusakan retina.

15. Meningkatkan Kesehatan Hati (Liver)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak yang dibuat dari daun pohon tin menunjukkan aktivitas hepatoprotektif pada tikus, membuka jalan bagi penggunaannya dalam mencegah kerusakan hati pada manusia. Namun, manfaat buah tin untuk hati masih belum ada pembuktiannya.

17. Mengatasi Insomnia

Diet seimbang sangat penting untuk tidur yang nyenyak, termasuk menyertakan buah tin dalam diet harian. Kandungan tryptophan di dalamnya dapat membantu tubuh membuat melatonin, si hormon tidur. Ditambah lagi kandungan magnesium yang membantu meredakan stres yang umumnya menjadi penyebab insomnia.

18. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah tin sangat baik untuk menunjang sistem kekebalan tubuh yang kuat dengan memenuhi kebutuhan kalium, mangan, dan berbagai antioksidan. Ketika sistem imun kuat, maka ancaman infeksi bakteri, virus, dan cacing tentu saja dapat ditangkal.

Setidaknya itulah Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan, tentu masih banyak manfaat lainnya. Anda pun tidak akan mengetahuinya tanpa membutikannya sendiri.

 


Share Artikel ini
, ,

3 thoughts on “Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *