Jika Terindikasi Corona, Apa yang Harus Dilakukan?

Share Artikel ini

Kasus positif Covid-19 terus meningkat, apalagi dengan kemudahan untuk melakukan skrining pemeriksaan tes uji Covid-19. Serangkaian pengujian tersebut baik itu menggunakan rapid test, Polymerase Chain Reaction (PCR), atau Tes Cepat Molekuler (TCM). Maka itu lebih baik cepat mengetahui seseorang terinfeksi virus corona atau tidak. Jika Terindikasi Corona, Apa yang Harus Dilakukan?

Virus yang begitu mengusik ketenangan masyarakat dunia ini memang harus diwaspadai karena ia menginfeksi tidak pandang bulu.

Semua orang berisiko terkena covid-19. Untuk itu, kamu harus mengetahui gejala awal dan tanda-tanda umum dari infeksi virus corona ini.

Menurut informasi badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) beberapa tanda umum dari infeksi virus corona, yaitu gejala gangguan pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernapas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi corona dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, bahkan kematian.

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika kamu terindikasi virus corona? Setelah kamu menyadari adanya kemungkinan indikasi virus corona, hal yang harus dilakukan adalah segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

Di Indonesia sudah ada 132 rumah sakit rujukan untuk virus corona Covid-19, meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Baca Juga: Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi

Begitu kamu tahu rumah sakit mana yang dituju, ada baiknya kamu melakoni panduan aman ke rumah sakit rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention ini.

1. Kontak rumah sakit terkait untuk tahu langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Ada kemungkinan pihak medis akan melakukan penjemputan atau kamu yang langsung datang ke lokasi rumah sakit.
2. Kenakan masker saat akan melakukan perjalanan ke rumah sakit.
3. Tutupi mulut dan hidung dengan saputangan saat batuk atau bersin.
4. Buang tisu bekas ke tempat sampah.
5. Segera cuci tangan dengan air dan sabun setidaknya 20 detik, gunakan hand sanitizer.
6. Bila memungkinkan lakukan perjalanan ke rumah sakit didampingi orang terdekat.
7. Setelah sampai di rumah sakit, ada baiknya kamu menjelaskan kepada tim medis riwayat kesehatan dan orang-orang di mana kamu pernah melakukan kontak.
8. Tetap tenang dan tidak panik adalah hal yang harus dilakukan dalam situasi seperti saat ini.

https://herbana.xyz/tanaman-herbal-untuk-cegah-infeksi-virus-corona/

Nah, itulah beberapa hal Apa yang Harus Dilakukan Jika Terindikasi Corona Namun, ada sebagian orang yang terindikasi virus corona tapi tidak menunjukkan gejala apa pun (asimtomatik), sehingga tidak perlu mendapatkan perawatan di rumah sakit. Mereka bisa melakukan isolasi mandiri di rumah untuk menghindari penyebaran virus corona.[cp]


Share Artikel ini
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *