Press "Enter" to skip to content

Herbal Untuk Asam Urat

Share Artikel ini

Daun sirsak mengandung flavonoid (antioksidan tinggi) yang mampu mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xhantine oxidase.

PENYAKIT  asam urat bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Salah satu gejala yang umum dirasakan penderita asam urat adalah rasa nyeri di salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki.

Meningkatnya produksi asam urat di dalam tubuh dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Penyakit asam urat harus segera ditangani. Umumnya, penderita asam urat mengonsumsi obat dari dokter untuk mengobati penyakitnya.

Namun, tidak sedikit orang yang memilih mengonsumsi obat herbal untuk menurunkan kadar asam urat yang naik.

Obat herbal asam urat

Belakangan obat herbal tengah naik daun dan banyak dikonsumsi masyarakat. Salah satu sebabnya, obat herbal dianggap lebih aman dan minim efek samping. Selain itu, obat herbal bisa dibuat sendiri di rumah.

1. Daun sirsak

Mengutip dari jurnal Efek Pemberian Infusa Daun Sirsak terhadap penurunan Kadar Asam Urat Darah, daun sirsak mengandung fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B.

Tidak hanya itu daun sirsak mengandung flavonoid (antioksidan tinggi) yang mampu mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xhantine oxidase.

Sekedar info enzim xhantine oxidase berperan dalam perubahan hypoxhantine menjadi xhantine, lalu menjadi asam urat.

Mengutip dari situs Tribunnews.com, penderita asam urat bisa mengonsumsi daun sirsak dalam bentuk teh.

Bahan:

10 lembar daun sirsak
3 gelas air

Cara memasak:

Anda rebus 10 lembar daun sirsak dengan tiga gelas air sampai mendidih. Anda tunggu sampai air rebusan daun sirsak tersisa 1/3.

Anda dinginkan lalu minum sampai habis. Anda bisa minum rebusan daun sirsak tersebut setiap pagi agar cepat menurunkan kadar asam urat.

Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal untuk mengobati penyakit asam urat.

Bila tidak ingin asam urat kumat lagi, Anda sebaiknya mulai menjalankan pola hidup sehat dan menghindari konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

2. Secang

Secang mengandung resin, resorsin, brazilin, d-alfa phallandrne, oscimenen, dan minyak asiri. Senyawa aktif dalam kayu secang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh.

Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus.

3. Daun mangga

Daun mangga rupanya bukanlah daun sembarang daun. Daun mangga memiliki manfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Mengutip dari Tribunnews.com, daun mangga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, fenol, dan flavonoid.

Melansir dari Grid.id, daun mangga dipercaya efektif menurunkan kadar asam urat tinggi. Daun mangga mengandung pelarut purin yang bisa mengurangi kristal asam urat dalam tubuh.

Untuk merasakan manfaat daun mangga sebagai obat herbal asam urat, Anda cukup menyiapkan beberapa bahan di bawah ini.

Daun mangga muda (berwarna hijau) 5 lembar
Air 250 cc

Anda cuci daun mangga sampai bersih. Lalu, Anda rebus daun mangga sampai mendidih dan daun berubah menjadi warna coklat.

Anda minum air rebusan daun mangga dua kali sehari selagi hangat.

Baca Juga:Minum Jus Buah Buah dan Sayur Ini Secara Rutin Untuk Menghindari Sakitnya Asam Urat

4. Kayu manis

Mengutip Jurnal Fitofarmaka Indonesia Vol.5 No. 1, kayu manis mengandung segudang senyawa aktif.

Ekstrak kulit batang kayu manis mengandung tanin dan flavonoid. Senyawa aktif tersebutlah yang berperan menghambat produksi asam urat dalam tubuh.

Obat herbal kayu manis untuk obat asam urat bisa Anda buat sendiri di rumah.

Berikut bahan dan cara membuat obat herbal kayu manis sebagai obat asam urat yang dikutip dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya 2.

Bahan

Kayu manis 1 jari
Jahe merah 15 gram
Kapulaga 5 butir
Bunga cengkeh 5 gram
Daun sosor bebek 4 lembar
Air 600 ml

Anda masukkan seluruh bahan tersebut ke dalam air lalu rebus sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 300 ml. Anda minum obat herbal tersebut satu kali sehari selagi hangat.


Share Artikel ini

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *