Cegah Infeksi Virus Corona dengan Tanaman Herbal Ini

Share Artikel ini

Saat ini pandemi Covid-19 membuat banyak orang khawatir hingga melakukan berbagai hal agar tidak mudah terinfeksi virus corona baru.

Salah satu yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia, yakni mengonsumsi jamu atau beberapa jenis tanaman herbal yang dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Ternyata, anggapan atau cara tersebut bukan hanya isapan jempol semata.

1. Pegagan

Tanaman yang memiliki nama latin Centela asiatica merupakan tanaman tradisional yang mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral.

Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside dapat mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik.

2. Temulawak

Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb. tersebut dikenal memiliki efek yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh.

Temulawak mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, antara lain berupa: Fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap Minyak atsiri,  Kamfer, Glikosida, Foluymetik karbinol, Kurkuminoid.

Kurkuminoid sendii terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang bermanfaat antara lain untuk: Menetralkan racun Menghilangkan nyeri Antibakteri Mencegah pelemakan dalam sel-sel hati Antioksidan

3. Meniran

Tanaman dengan nama latin Phyllanthus niruri L. ini secara empirik dapat digunakan untuk beberapa keperluan.

Yaitu: Pengobatan gangguan ginjal, Sariawan dan Malaria.

Meniran juga dapat mengobati Tekanan darah tinggi, Peluruh air seni, Nyeri ginjal dan Kencing batu seta gangguan empedu.

Sebagai antidiare dan Sebagai antipiretik.

Dalam dunia farmasi, ekstrak meniran telah teruji secara klinis juga sebagai imunomodulator atau peningkat daya tahan tubuh.

4. Bawang putih

Tanaman dengan nama latin Allium sativum ini telah dikenal mempunyai banyak keunggulan, seperti: Menjaga kesehatan dengan cara meregulasi hormon.

Bawang putih juga Meregulasi aliran darah Bahkan bisa meningkatkan gairah bercinta.

Jika diperhatikan lebih jauh, bawang putih ini juga memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan yang mengesankan.


Share Artikel ini
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *