Cara Cepat Mengobati Mata Bintilan atau Bintitan

Share Artikel ini

Mata adalah panca indera yang sangat berguna. Saat mata mengalami gangguan hal ini akan menghambat aktivitas kita. Salah satu gangguan yang sangat terasa bagi kesehatan mata kita adalah mata bintitan/bintilan. Tak hanya mengganggu kita juga sering merasa kurang percaya diri, apalagi jika disertai dengan belekan/kotoran mata.

Mata bintitan atau hordeolum memang bukan gangguan kesehatan yang parah. Mata bintitan adalah infeksi pada folikel bulu mata atau kelenjar air mata.

Jika kita menggosok mata, bakteri dari tangan masuk melalui folikel atau kelenjar kemudian menyumbat dan akhirnya terinfeksi.

Para ahli kesehatan mata juga mengungkapkan, bahwa mata bintitan pada umumnya disebabkan oleh bakteri stafilokokus.

Sebenarnya bakteri jenis ini tidak terlalu berbahaya. Tapi, kita tetap perlu waspada, pasalnya jika bakteri ini masuk terlalu dalam ke bagian kulit dan mata, akan menimbulkan infeksi.

Ada dua jenis mata bintitan atau hordeolum, yaitu hordeolum internal dan eksternal, pada hordeolum internal, penyumbatan terjadi pada kelenjar di lapisan dalam kelopak mata atau dikenal sebagai kelenjar meibom.

Sedangkan, pada hordeolum eksternal penyumbatan terjadi pada glandula zeis atau kelenjar zeis.

Beberapa gejala mata bintitan perlu diwaspadai.

  • Mata berair
  • Sensasi seperti kelilipan atau ada benda asing di kelopak mata
  • Titik kekuningan pada benjolan yang akan menjadi tempat keluarnya nanah
  • Biasanya beberapa penderita mengalami belekan pada

Pada umumnya mata bintitan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tapi, ada beberapa cara untuk mengatasi mata bintitan dengan cepat. Apa saja? mari kita lanjutkan membaca hingga akhir artikel ini

1. Mengompres Mata dengan Air Hangat

Cara mengatasi mata bintitan yang pertama adalah dengan kompres air hangat. Cara ini cukup mudah dan efektif dalam meredakan mata bintitan.

Cara Cepat Mengobati Mata Bintilan atau Bintitan
Cara Cepat Mengobati Mata Bintilan atau Bintitan

Gunakan kain dan masukkan pada air bersih hangat, kemudian peras hingga air tidak menetes, kompreskan pada mata sekitar 5-10 menit.

Tindakan ini bisa menekan nanah naik hingga ke permukaan kelopak mata, sehingga nanah bisa keluar dengan alami. Eits, tapi jangan sampai menekan bagian benjolannya

Baca Juga: Manfaat Buah Naga Merah

2. Mengompres dengan Kantung Teh Hangat

Cara mengatasi mata bintitan yang selanjutnya adalah kompres dengan kantung teh hangat. Sama halnya dengan air hangat, mengompres dengan kantung teh bekas yang masih hangat juga bisa mengobati mata bintitan dengan cepat.

Cara Cepat Mengobati Mata Bintilan atau Bintitan

Apalagi teh hitam sangat efektif memiliki kandungan antibakteri dan bisa mengurangi bengkak pada mata.

Kita bisa melakukan hal yang sama seperti mengompres dengan air, letakkan kantung teh hangat pada mata dan biarkan 5-10 menit.

3. Mengompres dengan Air Garam

Cara mengatasi mata bintitan yang selanjutnya adalah kompres dengan air garam. Garam merupakan antiseptik alami, selain itu memiliki kandungan magenesium yang efektif mengurangi peradangan dan antibakteri.

Caranya cukup mudah, Moms tinggal melarutkan dalam gelas yang berisi air hangat lalu aduk, masukkan kapas atau kain kedalam air larutan garam, kemudian peras dan kompreskan ada mata.

Baca Juga: Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

4. Lidah Buaya

Cara mengatasi mata bintitan yang selanjutnya adalah dengan lidah buaya. Lidah buaya berguna sebagai analgesik yang mampu mengurangi peradangan, antivirus, dan antibakteri. Belah lidah buaya untuk kita ambil getah atau lendirnya menggunakan cotton bud.

Lalu, cukup oleskan getahnya pada bintitan di mata kita.


Share Artikel ini
, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *