Press "Enter" to skip to content

Asam Urat Kumat? Redakan Cepat Dengan Metode Ini

Share Artikel ini

Asam urat bisa kumat kapan saja. Ini cara meredakan asam urat dengan cepat.

Asam urat salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat tanah air. Penyakit ini bisa menyerang perempuan dan laki-laki.

Tanda gejala asam urat dimulai dengan rasa panas, gatal, atau kesemutan di persendian satu atau dua jam sebelum serangan penyakit datang.

Setelah itu baru penderita merasakan nyeri asam urat di bagian sendi. Rasa sakitnya sesekali sampai membuat kulit bagian luar sendi kemerahan dan bengkak.

Rasa nyeri serangan asam urat ini umumnya terjadi di pangkal jempol kaki. Namun, terkadang juga bisa menyerang siku, lutut, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan punggung kaki.

Gejala asam urat yang dirasakan penderitanya ini tak jarang berlangsung dalam hitungan hari sampai minggu. Kondisi nyeri paling parah umumnya terjadi di dua hari pertama.

1. Minum obat pereda rasa sakit 

Pertolongan pertama cara mengatasi asam urat pada kaki atau tangan adalah minum obat pereda nyeri antiperadangan nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen atau naproxen.

Hal yang perlu diingat, obat NSAID punya efek samping dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Apabila obat pereda rasa sakit yang dijual bebas di toko obat atau apotek tak mempan, konsumsi obat asam urat dari dokter.

2. Kompres es batu

Cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat secara alami yang dapat dijajal adalah kompres dengan es batu.

Terapi dingin ini dapat mengurangi rasa sakit secara signifikan. Efek dingin dapat mengurangi peradangan sekaligus menghilangkan sinyal rasa nyeri.  Lakukan kompres es batu setiap 10 sampai 20 menit sekali untuk meringankan gejala penyakit.

3. Naikkan posisi sendi yang nyeri

Menyangga sendi yang paling merasakan imbas serangan nyeri asam urat dapat meredakan tekanan sekaligus mengurangi rasa sakit.

Jika bagian jempol kaki yang terasa nyeri, naikkan seluruh bagian sendi sampai kaki agar posisinya bisa lebih tinggi. Anda bisa menggunakan bantal, bangku, atau ganjalan lain yang terasa nyaman dan dapat mengurangi bengkak.

4. Istirahatkan sendi

Melansir Arthritis Foundation, cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat lainnya yakni mengistirahatkan sendi sampai rasa sakitnya hilang.

Jika Anda menggunakan sepatu atau alas kaki yang kurang nyaman, coba lepaskan dan telanjang kaki.

Anda juga bisa menggunakan sendal santai sehingga kaki dalam posisi rileks untuk sementara waktu.

Selain itu, jika kepepet perlu berjalan kaki saat penyakit asam urat kambuh, gunakan tongkat untuk mengurangi tekanan pada sendi yang sakit.

5. Minum Air Putih yang Banyak

Cara mengatasi asam urat pada kaki atau tangan juga perlu dukungan cairan yang cukup.

Untuk itu, penderita yang mengalami serangan nyeri asam urat perlu minum air putih setidaknya delapan gelas per hari.

Minum banyak air putih dapat membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Selama penyakit kumat, hindari alkohol dan minuman manis yang dapat memperparah gejala asam urat.

6. Jangan stress

Cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat juga perlu dukungan pikiran yang rileks.

Stres dapat memperburuk gejala asam urat karena membuat rasa sakit semakin kentara.

Untuk itu, saat penyakit kambuh upayakan untuk melakukan aktivitas yang bisa membuat pikiran santai seperti menonton film, berbincang dengan teman baik, membaca buku, mendengarkan musik, dll.

Jika berbagai cara menghilangkan nyeri asam urat di atas sudah dicoba tapi penyakit semakin parah, segera konsultasikan ke dokter.


Share Artikel ini

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *